Kamis, 16 Juni 2011

profil desa

DESA KEBLUKAN KECAMATAN KALORAN

Wilayah Kecamatan Kaloran yang merupakan salah satu dari 20 kecamatan di kabupaten Temanggung berbatasan dengan : wilayah Barat dengan Kecamatan Kandangan dan Temanggung, Wilayah Utara dengan Kecamatan Kandangan, Sebelah Timur Kabupaten Semarang dan Kecamatan Pringsurat dan Sebelah Selatan dengan Kecamatan Kranggan dan Pringsurat. Yang  terletak pada Ketinggian tanah rata-rata 715 m dpl dengan suhu antara 30 oC dan 20 oC. Dengan rata-rata jumlah hari hujan 64 hari dan banyaknya curah hujan 22 mm/th. Kecamatan Kaloran luas wilayah 6.392 ha, dengan jumlah penduduk 42.949 orang dan mempunyai 14 desa.
Salah satu dari 14 desa di Kecamatan Kaloran adalah Desa Keblukan yang terletak di ketinggian 630 m dari permukaan laut dan berjarak 5 km dari ibu kota Kecamatan Kaloran dan 8 km dari ibu kota Kabupaten. Dengan luas 215 ha yang terbagi dalam lahan sawah 124,73 ha dan lahan bukan sawah 90,27 ha. Dari Lahan sawah bukan sawah dipergunakan untuk Bangunan/pekarangan, Ladang/tegal/huma, Perkebunan Negara/Rakyat  dan lahan lainnya.
Desa Keblukan terdapat  5 dusun yang terdiri dari 3 Rukun warga (RW) dan 18 Rukun tetangga (RT) dan terdapat 457 Rumah tangga. Jumlah penduduk 1.374 jiwa terdiri dari 681 jiwa Laki-laki dan 693 jiwa Perempuan.
Penduduk usia 10 tahun keatas bermatapencaharian Petani tanaman pangan, Perternak, Pedagangan, Hotel & Rumah Makan dan lainnya.
Untuk sumber air minum berasal dari Leding/PAM dan Sumur. Dan untuk penerangan 457 menggunakan PLN.
Dalam bidang pendidikan banyaknya penduduk di atas 5 tahun yang Tamat PT/Universitas 21 orang, Tamat Akademi 9 orang, Tamat SLTA/sederajat 100 orang, Tamat SLTP/ sederajat 251 orang, Tamat SD/sederajat 477orang, Tidak tamat SD 12 orang, Belum tamat SD 449 orang dan Belum/ tidak sekolah 3 orang. Untuk sarana pendidikan terdapat 1 unit TK, 2 unit SD, 1 unit SMP/Mts dan - unit SMU.
Bidang Kesehatan terdapat Prasarana kesehatan - unit Puskesmas, - Puskesmas pembantu, 4 unit Posyandu,  - unit Polides, - orang Dokter Umum, - orang Dokter Gigi, 2 orang Bidang/Perawat/Mantri dan 2 orang Dukun Bayi.
Tanaman pangan yang dikembangkan di desa ini adalah Padi, Jagung, Ketela Pohon dan Kacang Tanah. Tanaman sayuran yang dikembangkan berupa Cabe, Kacang Panjang dan Kubis. Buah-buahan yang dikembangkan adalah Klengkeng, Rambutan, Durian, Pisang dan Pepaya. Sedangkan tanaman perkebunan yang dikembangkan berupa Kopi, Panili, Jahe, Kemukus dan Kapuk.

Sumber :

website resmi kabupaten temangung

0 komentar:

Posting Komentar

DESA KEBLUKAN Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger